TAHUKAH ANDA: SURAH- SURAH AL-QUR’AN TURUN KE BUMI TANPA NAMA, JADI SIAPAKAH YANG MEMBERI NAMA KEPADA SURAH- SURAH DALAM AL-QUR’AN? Ini Jawabannya.
mengerti kah kamu: surah – surah al – qur’an turun ke bumi tanpa nama, jadi siapakah yang berikan nama kepada surah – surah dalam al – qur’an? ini jawapannya.
al – quran turun dekat nabi dahulu tidaklah sekali gus satu kitab, tetapi beransur – ansur pada masa yang setimpal. al – quran turun dengan barisan – barisan ayat aja yang kemudiannya diingat tiap satu oleh nabi, tetapi satu surah juga yang turun tidak disertakan nama. siapa yang untuk nama dekat seluruh surah? ? gimana? ? 😮😮
penamaan tulisan dalam al – qur’an
persoalan:
siapakah yang memeberi nama tulisan dalam al – quran? nabi ataukah teman?
jawapan:
bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,
bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,
ada sebagian hadis shahih, kalau rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berikan nama sebagian tulisan al – quran, antara lain: al – fatihah, al – baqarah, ali imran, dan juga al – kahfi.
sedangkan itu, ulama berubah komentar, apakah nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berikan nama segala tulisan dalam al – quran? ataukah terdapat sebagian tulisan yang pemberian namanya bersumber pada ijtihad teman? terdapat 2 komentar ulama dalam permasalahan ini,
kesatu, seluruh tulisan dalam al – quran, yang berikan nama merupakan rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. ini menggambarkan komentar kebanyakan ulama.
antara lain, imam ibnu jarir at – thabari (w. 310 h) , dia berkata,
لِسوَر القرآن أسماءٌ سمّاها بها رسول الله صلى الله عليه وسلم
“semua surat – surat dalam al – quran mempunyai nama yang dikasih oleh rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. ” (jami’ al – bayan fi ta’wil al – quran, 1/100)
demikian pula komentar syaikh sulaiman al – bajirami (w. 1221 h). dia berkata,
أسماء السور بتوقيف من النبيّ صلى الله عليه وسلم ؛ لأن أسماء السور وترتيبها وترتيب الآيات كل من هذه الثلاثة بتوقيف من النبيّ صلى الله عليه وسلم ، أخبره جبريل عليه السلام بأنها هكذا في اللوح المحفوظ
nama – nama tulisan, bersumber pada petunjuk nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. karna nama – nama tulisan, urutan tulisan, dan juga urutan ayat – ayat, 3 perihal ini, seluruhnya bersumber pada petunjuk nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, atas tutorial jibril ’alaihis salam kalau sistematika al – quran di lauhul mahfudz merupakan serupa itu. (tuhfah al – habib ’ala syarh al – khatib, 4/222).
terlebih lagi as – suyuthi (w. 911 h) menegaskan, kalau seluruh penamaan tulisan dalam al – quran telah didefinisikan oleh rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan juga seluruhnya bersumber pada hadis shahih. dia berkata,
”terdapat hadis dan juga atsar yang shahih kalau seluruh nama tulisan dalam al – quran berasal dari nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. andaikan tidak takut berpanjang lebar, aku dapat sebutkan seluruh hadis itu. ” (al – itqan fi ulum al – quran, 1/186).
komentar kedua, tidak seluruh nama tulisan dalam al – quran dikasih oleh rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. terdapat sebagian tulisan yang namanya dikasih oleh rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan juga terdapat sebagian nama yang itu dari hasil ijtihad para teman.
dalam fatwa lajnah daimah dinyatakan,
لا نعلم نصا عن رسول الله صلى الله عليه وسلم يدل على تسمية السور جميعها ، ولكن ورد في بعض الأحاديث الصحيحة تسمية بعضها من النبي صلى الله عليه وسلم ، كالبقرة ، وآل عمران ، أما بقية السور فالأظهر أن تسميتها وقعت من الصحابة رضي الله عنهم
لا نعلم نصا عن رسول الله صلى الله عليه وسلم يدل على تسمية السور جميعها ، ولكن ورد في بعض الأحاديث الصحيحة تسمية بعضها من النبي صلى الله عليه وسلم ، كالبقرة ، وآل عمران ، أما بقية السور فالأظهر أن تسميتها وقعت من الصحابة رضي الله عنهم
”kami tidak mengenali terdapatnya dalil dari rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menampilkan kalau dia berikan nama segala tulisan. cuma aja, ada sebagian hadis shahih yang mengatakan nama sebagian tulisan dari nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, serupa al – baqarah, ataupun ali imran. sedangkan nama surat – surat yang lain, yang lebih dekat, itu dari para teman radhiyallahu ‘anhum. ” (fatawa lajnah daimah, 4/16).
komentar kedua inilah yang dinilai kokoh oleh dokter. munirah ad – dausiri dalam risalah dia yang bertajuk asma suwar al – quran al – karim wa fadhailuha (nama – nama tulisan dalam al – quran dan juga keutamaannya). (fatwa islam, nomor. 131664)
allahu a’lam
.
.
berarti ! ! ! ramai orang islam tidak ketahui pasal ni ! hukum suami cium jenazah isteri
apakah hukum sang suami berikan ciuman kepada sang isteri kala dikala akhir sang isteri dikafankan? iktikad aku, tuntas sang mati dimandikan dan juga dikafan, cuma tinggal wajah sahaja belum dikafankan kerana berikan kesempatan kepada anak sang mati berikan ciuman terakhir.
abdullah,
ciuman memiliki iktikad kasih sayang ataupun ciri hormat. oleh itu tidak kenapa mencium jenazah selagi mana jenazah itu merupakan mahramnya dan juga antara suami terhadap jenazah isteri ataupun kebalikannya.
ciuman memiliki iktikad kasih sayang ataupun ciri hormat. oleh itu tidak kenapa mencium jenazah selagi mana jenazah itu merupakan mahramnya dan juga antara suami terhadap jenazah isteri ataupun kebalikannya.
setuju ulama bahawa wuduk jenazah tidak terbatal kerana terangkatnya taklif kepada jenazah.
ciuman kepada jenazah kerap dicoba rasulullah yang diriwayatkan saidatina aisyah ra; “bahawa saya memandang rasulullah mencium uthman bin maz’un apabila dia wafat dan juga saya memandang linangan air mata baginda. ” (hadis riwayat abu daud)
ciuman kepada jenazah kerap dicoba rasulullah yang diriwayatkan saidatina aisyah ra; “bahawa saya memandang rasulullah mencium uthman bin maz’un apabila dia wafat dan juga saya memandang linangan air mata baginda. ” (hadis riwayat abu daud)
tidak digalakkan membagikan ciuman berulang – ulang kali. larangan serupa ini lazimnya dirujuk kepada budaya warga melayu.
bila mau melaksanakan, perkenankan penuh dengan adab dan juga sopan. bukan jadi tontonan orang ramai yang menziarahi jenazah.
bisa jadi boleh membagikan ciuman terakhir kala jenazah masih di rumah dalam kondisi yang tidak jadi tontonan.
tidak sopan dalam golongan orang ramai yang padat jadwal menguruskan jenazah, nampak isteri membagikan ciuman terakhir kepada jenazah suami. bukan sahaja jenazah, pendamping suami isteri pula tidak sopan apabila berciuman dihadapan orang ramai.
sumber: nasihatustaz. my
0 Response to "TAHUKAH ANDA: SURAH- SURAH AL-QUR’AN TURUN KE BUMI TANPA NAMA, JADI SIAPAKAH YANG MEMBERI NAMA KEPADA SURAH- SURAH DALAM AL-QUR’AN? Ini Jawabannya."
Posting Komentar