Kenapa Sujud Harus Dua Kali Dalam Satu Rakaat? Rupanya Inilah Penjelasannya
assalamu ‘alaikum wr. wb.
penanya yang budiman, mudah – mudahan allah swt merendahkan rahmat – nya buat kita seluruh. kami berupaya buat membagikan jawaban atas persoalan ini. perintah ibadah lazimnya dimengerti oleh ulama bagaikan permasalahan ta‘abbudi, bentuk penghambaan manusia kepada allah tanpa dapat dinalar mengapanya, ialah kenapa shalat subuh terdiri atas 2 rakaat, mengapa kita wajib menghadap kiblat, dan juga seterusnya.
penanya yang budiman, mudah – mudahan allah swt merendahkan rahmat – nya buat kita seluruh. kami berupaya buat membagikan jawaban atas persoalan ini. perintah ibadah lazimnya dimengerti oleh ulama bagaikan permasalahan ta‘abbudi, bentuk penghambaan manusia kepada allah tanpa dapat dinalar mengapanya, ialah kenapa shalat subuh terdiri atas 2 rakaat, mengapa kita wajib menghadap kiblat, dan juga seterusnya.
lain halnya dengan permasalahan agama di luar ibadah serupa muamalah yang bertabiat ta‘aqquli, sesuatu permasalahan agama yang dapat dinalar penjelasannya.
sebagaimana dikenal kalau rukun – rukun shalat cuma diperintahkan sekali dalam satu rakaat kecuali sujud. kita diperintahkan buat bersujud 2 kali dalam satu rakaat. bahwa merujuk pada karya – karya para ulama, kita hendak mengalami perbandingan komentar di golongan ulama buat permasalahan ini. sebagian ulama berkata kalau pengulangan sujud merupakan masalah ta‘abbudi. bagi kebanyakan ulama hanafi, pengulangan sujud merupakan permasalahan ta‘abbudi sebagaimana penjelasan syekh wahbah az – zuhayli berikut ini.
وأما تكرار السجود فهو أمر تعبدي ، أي لم يعقل معناه على قول أكثر مشايخ الحنفية، تحقيقاً للابتلاء (الاختبار)
maksudnya, “pengulangan sujud tercantum jenis ta‘abudi, suatu perintah agama yang artinya tidak dapat dinalar bagi kebanyakan ulama madzhab hanafi, suatu perwujudan tes ataupun cobaan (untuk hamba – nya). ” (amati syekh wahbah az – zuhayli, al – fiqhul islami wa adillatuh, cetakan kedua, 1985 meter/1305, beirut, darul fikr, juz 1, taman 661).
walaupun demikian, di golongan ulama hanafi seorang diri permasalahan ini masih jadi perdebatan. ibnu abidin, salah seseorang pemuka ulama hanafi baru – baru, melaporkan kalau pengulangan sujud merupakan permasalahan ta‘aqquli bagaikan penjelasan berikut ini.
قَال : إِنَّ تَكْرَارَ السُّجُودِ أَمْرٌ تَعَبُّدِيٌّ ، أَيْ لَمْ يُعْقَل مَعْنَاهُ ، تَحْقِيقًا لِلاِبْتِلاَءِ. وَقَال ابْنُ عَابِدِينَ : وَقِيل :
إِنَّهُ ثُنِّيَ تَرْغِيمًا لِلشَّيْطَانِ ، حَيْثُ أُمِرَ بِالسُّجُودِ مَرَّةً فَلَمْ يَسْجُدْ ، فَنَحْنُ نَسْجُدُ مَرَّتَيْنِ
إِنَّهُ ثُنِّيَ تَرْغِيمًا لِلشَّيْطَانِ ، حَيْثُ أُمِرَ بِالسُّجُودِ مَرَّةً فَلَمْ يَسْجُدْ ، فَنَحْنُ نَسْجُدُ مَرَّتَيْنِ
maksudnya, “pengulangan sujud tercantum jenis ta‘abudi, suatu perintah yang artinya tidak dapat dinalar, suatu perwujudan tes (untuk hamba – nya). ibnu abidin berkata, ‘sebagian ulama mengartikan perintah sujud 2 kali dalam satu rakaat bagaikan penghinaan buat setan di mana dia diperintah sekali sujud aja tidak ingin, sebaliknya manusia sujud sebanyak 2 kali, ’” (amati al – mausu‘atul fiqhiyah al – kuwaitiyah, kuwait, wizaratul awqaf was syu’unul islamiyah, darus salasil, juz xii, taman 208).
sebaliknya kh afifuddin muhajir dari golongan syafi‘iyah dalam karyanya fathul mujibil qarib sependapat kalau pengulangan sujud merupakan permasalahan ta‘aqquli. cuma aja dia menarangkan arti pengulangan sujud itu dari aspek ta‘aqquli yang berubah dari uraian ibnu abidin.
وإنما كرر السجود دون غيره من الأركان لما فيه من زيادة التواضع بوضع أشرف الأعضاء على مواطئ الأقدام
maksudnya, “pengulangan sujud–bukan rukun shalat lainnya–bertujuan buat menampilkan kerendahan hati karna meletakan kepala bagaikan anggota badan amat di atas lantai, tempat jejak kaki, ” (amati kh afifuddin muhajir, fathul mujibil qarib, cetakan kesatu, 2014 meter/ 1424 h, situbondo, al – maktabah al – as‘adiyah, taman 44).
demikian jawaban pendek kami. mudah – mudahan dapat dimengerti dengan baik. kami senantiasa terbuka dalam menerima kritik dan juga anjuran dari para pembaca.
wallahul muwaffiq ila aqwathih thariq,
wassalamu ’alaikum wr. wb.
wassalamu ’alaikum wr. wb.
sumber: kartel dakwah
.
berarti ! ! ! ramai orang islam tidak ketahui pasal ni ! hukum suami cium jenazah isteri
apakah hukum sang suami berikan ciuman kepada sang isteri kala dikala akhir sang isteri dikafankan? iktikad aku, tuntas sang mati dimandikan dan juga dikafan, cuma tinggal wajah sahaja belum dikafankan kerana berikan kesempatan kepada anak sang mati berikan ciuman terakhir.
abdullah,
ciuman memiliki iktikad kasih sayang ataupun ciri hormat. oleh itu tidak kenapa mencium jenazah selagi mana jenazah itu merupakan mahramnya dan juga antara suami terhadap jenazah isteri ataupun kebalikannya.
ciuman memiliki iktikad kasih sayang ataupun ciri hormat. oleh itu tidak kenapa mencium jenazah selagi mana jenazah itu merupakan mahramnya dan juga antara suami terhadap jenazah isteri ataupun kebalikannya.
setuju ulama bahawa wuduk jenazah tidak terbatal kerana terangkatnya taklif kepada jenazah.
ciuman kepada jenazah kerap dicoba rasulullah yang diriwayatkan saidatina aisyah ra; “bahawa saya memandang rasulullah mencium uthman bin maz’un apabila dia wafat dan juga saya memandang linangan air mata baginda. ” (hadis riwayat abu daud)
ciuman kepada jenazah kerap dicoba rasulullah yang diriwayatkan saidatina aisyah ra; “bahawa saya memandang rasulullah mencium uthman bin maz’un apabila dia wafat dan juga saya memandang linangan air mata baginda. ” (hadis riwayat abu daud)
tidak digalakkan membagikan ciuman berulang – ulang kali. larangan serupa ini lazimnya dirujuk kepada budaya warga melayu.
bila mau melaksanakan, perkenankan penuh dengan adab dan juga sopan. bukan jadi tontonan orang ramai yang menziarahi jenazah.
bisa jadi boleh membagikan ciuman terakhir kala jenazah masih di rumah dalam kondisi yang tidak jadi tontonan.
tidak sopan dalam golongan orang ramai yang padat jadwal menguruskan jenazah, nampak isteri membagikan ciuman terakhir kepada jenazah suami. bukan sahaja jenazah, pendamping suami isteri pula tidak sopan apabila berciuman dihadapan orang ramai.
( sumber: nasihatustaz. my )
0 Response to "Kenapa Sujud Harus Dua Kali Dalam Satu Rakaat? Rupanya Inilah Penjelasannya"
Posting Komentar